28 May 2018

Mau gaya rotan, atau kayu Jepara?

Penjaga Lapak: "Bu, baju-baju di sini pesenmebel lho, silakan dilihat-lihat..."
Ibu: "He, pesenmebel?"
Anak: "Fashionable kali, Ma?"

Skywalk PIM, didengar oleh penjual baju sebelah yang langsung ingin mengenakan sofa. 

Tidak perlu operasi!

Tante: "Waktu tante naik haji kemarin, tante ngelewatin tempat pemancungan orang-orang yang melanggar hukum lho."
Keponakan: "Ooooh, pantesan mereka hidungnya mancung-mancung."

Gedung Serba Guna di Jakarta, didengar oleh keluarga yang ingin melanggar hukum untuk menghilangkan keturunan pesek mereka. 

Masih untung gak harus ke negeri Cina

Murid: "Bu, bahan buat ulangan umum dari mana sampai mana?"
Guru Fisika: "Dari Sabang sampai Marauke."

Sekolah di Jakarta, didengar seisi kelas yang langsung memesan tiket pesawat. 

Banyakin sambal merahnya ya.

Pengunjung: "Mas, pesen jus terong baladonya satu ya."

Restoran Padang di Jakarta, didengar oleh pengunjung lain yang ingin memesan es gule otak. 

Sekalian bawang goreng?

Pengunjung Sombong: "Mas, minta kuah sushi-nya!"
Pelayan: "Shoyu, maksudnya?"

Restoran sushi di Jakarta, didengar oleh pengunjung lain yang ingin mencocol wasabi. 

25 May 2018

Mungkin maksudnya secara rasa

Murid #1: "Ih, tadi gede banget ya biawaknya, serem!"
Murid #2: "Iya! Eh, ngomong-ngomong, biawak itu yang kaya ayam kan?"

Sekolah di Jakarta, didengar oleh seisi kelas yang ingin memberi biawak goreng telur asin ke murid itu.

Jangan kaya orang susah

Mahasiswi #1: (melihat temannya susah payah mengeluarkan motornya) "Kenapa nggak dinyalain aja motornya, terus pake gigi mundur gitu ngeluarinnya."

Kampus di Lenteng Agung, didengar oleh mahasiswa lain yang juga terjebak dan ingin memundurkan gigi mahasiswi itu. 

Kasih topping coklat panas sekalian kali ya?

Cewek: "Udah beb, jangan bete, kita main tebak-tebakan aja yuk, bulet-bulet, bolong tengahnya, apa hayooo..."
Cowok: (nada meninggi) "Gue! Kepala gua tengahnya bolong! Botaaak!"
Cewek: "... maksud aku kan donat."

Jakarta, didengar oleh cewek yang sebenarnya merasa cowoknya lebih mirip onde-onde.

Pantesan ada menu pakai bunga melati

Reporter: "Jadi siapa saja public figure yang sering makan di sini?"
PR Restoran: "Cukup banyak juga ya, di antaranya X dan Y... (menambahkan dengan nada sedih) Tapi semenjak meninggal, emang Y udah gak pernah ke sini lagi sih."

Restoran di Senayan, didengar oleh reporter dan fotografer yang langsung ingin angkat kaki dari situ.

Nanti bisa sakit perut

Kakak: "Dek, kalo ikan di aquarium pada minum gak ya?"
Adik: "Nggak dong..."
Kakak: "Kenapa?"
Adik: "Soalnya airnya air mentah."

Rumah di Jakarta, didengar oleh ayah yang akan beli galonan kecil buat ikan yang malang.

24 May 2018

Hidungnya tajam banget ya

Cowok #1: "Bedanya susu kalsium sama susu biasa?"
Cowok #2: "Gak ada bedanya, baunya sama tapi wanginya beda."

Mall di Jakarta Barat, didengar oleh teman yang merasa mereka tidak perlu mandi dengan logika itu. 

Bentuknya unik

Anak: (berkata keras) "Kak, ini yang namanya piring kelamin ya!"

Restoran di Mal Ambasador, didengar oleh si ibu yang langsung menutup muka dengan piring melaminnya. 

Atau mungkin dia mutan?

Cewek: "Ih, gua sebel deh, masa si X diajakkin jalan gak mau, malah nemenin nyokapnya di rumah. Kan udah lama gak ketemu."
Cowok: "Ya udah lah, gak papa, sekarang kan dia udah jadi anak berbakat... (diam sejenak)... eh, maksudnya berbakti."

Jakarta, didengar oleh teman-teman lain yang yakin si cowok punya bakat yang sangat terpendam sampai hilang.

Muter terus kaya bunderan.

Lelaki #1: "Wah, sekarang pak X mobilnya banyak!"
Lelaki #2: "Pak X itu siapa?"
Lelaki #1: "Itu... yang mobilnya banyak."
Lelaki #2: "Oh."

Perjalanan di Jakarta, didengar oleh anak lelaki #1 yang merasa mereka terlalu lama terjebak macet. 

Oke, mungkin mau yang miau, meong, atau GRAONG?

Pembeli: "Mbak, minta pasir kucingnya satu kantong."
Penjual: "Pasirnya mau yang halus, sedang, atau kasar?"
Pembeli: "Mana saya tau kucingnya suka yang mana? Saya kan gak bisa nanya kucingnya!"

Petshop di Jakarta Selatan, didengar pembeli lain yang langsung punya ide bikin apps Catranslate.

23 May 2018

Ada yang buat nyeterika juga

Cewek #1: "Gua mau beli kamera nih..."
Cewek #2: "Oh ya, kamera apa?"
Cewek #1: "Kamera buat moto-moto."

Restoran di Jakarta, didengar oleh teman lain yang langsung batal memotret makanannya.

Logika yang begitulah

Ibu: (Menceramahi anak SD) "Makanya belajar, kan kamu nanti jadi pinter. Orang aja udah ada yang sampai ke bulan. Kamu? Masih duduk di dalam angkot. Kalau kamu pinter, kamu gak di angkot, dek."

Angkot menuju Margonda, didengar oleh penumpang lain yang bersiap terbang ke bulan... depan.

Sungguh ngelindur yang sehat

Bapak #1: "Udah seminggu minum obat yang kemarin kok gak ada perubahan ya?"
Bapak #2: "Makanya kemarin saya udah bilang, minum X aja. Saya aja minum tiap hari. Reaksinya cepat kok, diminum satu gelas kecil aja setiap hari sebelum bangun tidur."

Jakarta, didengar oleh semua karyawan di ruangan yang ingin belajar cara minum obat tanpa mengganggu tidur.

Pas starter ditarik dulu gak?

Penjual Lotek: "Di lingkungan tempat tinggal saya, pernah kedatangan pejabat, mobilnya bagus. Diparkir nggak dikunci pintunya... tapi dikunci stang."

Jakarta, didengar oleh pembeli yang penasaran apakah mobil itu sebenarnya bemo.

Tetep aja salah ngitung

Teman #1: "Loe ngapain pake lotion segala?"
Teman #2: "Kan kita mau ke Monas, panas tau di sana... tapi gua cuma pake SPF 15 nih, masih takut item."
Teman #3: "Pakai dua kali aja, kan jadi SPF 60 tuh."

Jakarta, didengar oleh seseorang yang ingin menenggelamkan diri ke dalam lotion.

22 May 2018

Jadi siapa buyutku?

Cucu: "Eyang, emang eyang dulu keturunan bule ya, kok hidung eyang unik sih?"
Eyang: "Wah iya, dulu tetangga eyang banyak yang bule... ada yang Belanda, Jepang, Jerman..."

Jakarta, didengar anggota keluarga lain yang mempertanyakan asal-usulnya.

Insting pemimpin... upacara

Murid #1: (menyenggol temannya) "Oi, gak turun loe?"
Murid #2: (kaget setelah melamun) "SIKAP, BERI SALAM!"

Angkot di Jakarta, didengar oleh semua penumpang yang langsung memberi hormat.

Halalin saya, mas

Pelayan: "Mau pesan apa, mbak?"
Cewek #1: "Saya pesan es teler satu..."
Cewek #2: "Saya juga, tapi jangan pakai buah alkohol ya, nangkanya aja banyakin."

Mal di Jakarta, didengar oleh pengunjung lain yang langsung memasang kuda-kuda dewa mabuk.

Lagu untuk hari tua

Sales #1: "Wah, Setia! Lagu ini lagu lama banget nih, udah pada bubar kan ini band?"
Sales #2: "Oh iya, pada ke mana ya personilnya. Nama bandnya Ji, eh, Ju, eh oh iya, Jamsostek kan?"

Perjalanan ke daerah Kuningan, didengar seisi mobil yang ingin mencairkan Sales #2.


Karena hidup adalah pelajaran

Ayah: "Saya nikahkan A binti B dengan C bin D dengan mas kawin perhiasan dan seperangkat alat sekolah tunai!"

Masjid di Cempaka Putih, didengar para tamu undangan yang ingin mendorong si Ayah dari belakang.

21 May 2018

NGUPING MAU NGOMONG #8

Ternyata sudah lama kita tidak berjumpa.

Terakhir, hampir lima tahun yang lalu. Di bulan puasa juga.

Satu dan lain hal, kami memang memutuskan untuk hiatus; hibernasi lebih tepatnya buat Kuping Kiri. Banyak faktor yang membuat kami berhenti meneruskan situs ini; mulai dari kesibukan harian, keluarga, dan tentunya kehidupan yang selalu meminta waktu kami.

Dan kini kami mencoba untuk kembali lagi.

Sebenarnya alasannya sederhana: kita semua butuh sedikit dorongan untuk tersenyum, terutama dengan semua yang terjadi di negara dan juga dunia.

Oleh karena itu kami sangat respek dengan semangat teman-teman di OverheardJkt, Overheardahensi, Dramaojol, dan lain-lain. Mereka membuat kita tersenyum, tertawa bahkan.

Lalu kami sadar, ini adalah cara untuk ikut berkontribusi; memberikan sedikit humor dalam kehidupan yang semakin ke sini terasa sedikit memanas. Tentunya ini bukan pelarian dari masalah - apa pun itu, tapi senyum dan tawa adalah secercah cahaya yang menghangatkan keseharian kita.

Senyum dan tawa adalah persamaan yang membuat kita merasa lebih manusiawi, untuk menjadi lebih baik mungkin.

Jadi, selama bulan puasa, di hari kerja, kami akan menaikkan sedikit postingan dan nantinya, semoga, kami juga bisa konsisten memberikan sedikit senyum dua kali seminggu. Atau lebih.

Nguping Jakarta diciptakan untuk kita saling berbagi canda, jadi silakan mengirimkan hasil kupingan nyata kalian ke email kami, supaya kita bisa minimal terus tersenyum.

Salam Nguping!

-kupingkanan

Faham kan, eh, paham, faham?

Ibu: "Itu kode di taksi maksudnya apa sih, mas?
Supir: "Itu kode panggil, bu. Kalau DC itu Delta Charlie bilangnya, kalau FD itu Fafa Delta."

Perjalanan ke Cengkareng, didengar oleh fenumfang lain yang menahan diri untuk tidak mengoreksi si sufir. 

Yang penting tidak sepenuhnya.

Murid #1: "Eh itu orang jelek banget ya, mirip Shrek."
Murid #2: "Ah nggak laah, jahat banget loe, kira-kira dong kalo mau ngatain."
Murid #1: "Oh oke... ya, kira-kira mirip Shrek lah."

Sebuah pesta SMA di Jakarta, didengar oleh murid lain yang merasa pendapat itu belum sepenuhnya berubah. 

Hape menjadi lebih sopan

Ibu: "Wah, nggak bisa buat telepon atau sms, Pa, katanya kartunya udah masuk masa tenggang rasa."

Jakarta, didengar anak yang yakin memang sudah saatnya ibu berhenti ngerumpi di hape. 

Jadinya buru-buru deh...

Pemimpin Rapat: "Ya udah, karena udah jam segini, buat yang mau shalat, shalat aja..."
Peserta Rapat: "Iya, kalian nanti shalatnya estafet aja."

Jakarta, didengar oleh peserta rapat lain yang langsung saling oper kopiah.

Deskripsi yang absurd

Kakak: "Dengerin deh, lagu ini bagus!"
Adik: "Lagunya kok berminyak banget sih?"

Jakarta, didengar oleh kakak yang berpikir suara penyanyinya terlalu renyah seperti gorengan plastik.

18 May 2018

Menu ulang tahun

Tante #1: "Eh, eh, ada yang ultah nih! Kapan traktirannya? Mau di mana?"
Tante #2: "Yaaa, terserah... kalian mau makan aku di mana?"

Mobil menuju Ancol, didengar oleh anak yang langsung merasa ada di film horor.

Multifungsi

Perempuan: (sambil menyodorkan kamera DSLR ke pelayan) "Mas, bisa tolong teleponin gak?"

Restoran di Jakarta, didengar seisi meja yang langsung pura-pura menelepon. 

Ketapel mungkin?

Ibu Guru: "Besok harus tepat waktu ya datengnya, kalau nggak nanti ditinggal. Kata mas-mas trepelnya suruh kumpul di sekolah jam setengah enam pagi. Eh, yang bener trepel atau tripel ya?"

SMP di Jakarta Timur, didengar oleh seisi kelas yang ingin ngepel lantai. 

Susah kalau kebiasaan.

Teman #1: "Bro, siapa tadi yang mau dikenalin cewek, gua ada temen nih."
Teman #2: "Harganya berapa, bro?"

Lapangan futsal di Jakarta, didengar oleh teman lain yang merasa harga teman diartikan terlalu harfiah. 

Banyak lagu patah hati

Ibu: "Dek, kamu gak nonton konser?"
Anak: "Konser apa, bu?"
Ibu: "Itu... konsernya Keti Perih."

Kemacetan di Jakarta, didengar oleh anak yang ingin beli salep ketiak. 

17 May 2018

Lebih kecil lagi hitungannya fetus sih...

Tante: (menghanduki anak tiga tahun) "Haduuuh, sini tante lap dulu pakai handuk, kamu itu... suka banget main air, kaya anak kecil aja!"

Jakarta, didengar oleh sekeluarga yang yakin tante itu memang suka ngomel saja. 

Emang sih bukan jurusan bahasa...

Murid #1: (memamerkan scientific calculator) "Hebat kan, kalkulator gua emang gak ada duanya!"
Murid #2: "Manaa, ini ada angka duanya!"

SMA di Jakarta, didengar seisi kelas yang langsung menghitung kemungkinan anak itu sukses dalam hidup.

Dada ladada oo oo...

Murid #1: "Makan telor setengah mateng enaknya pake merica, jadi ga eneg."
Murid #2: "Oh iya ya, bentar ambil merica dulu... *ke meja sebelah*... Eh, gak ada merica nih, adanya lada!"

SMA di Jakarta, didengar oleh murid lain yang langsung bersin hebat.

Siapa aku, apakah aku?

Bapak: "Dek, kita hari ini makan apa?
Anak: "Aku disuruh ibu beli makan di warung Padang, pak."
Bapak: "Tunggu sebentar! Jadi kamu beli makanan karena disuruh-suruh? Bukan karena kamu ingin?

Jakarta, didengar oleh si anak yang mulai mencari buku filsafat.

Karena makan pun berasa tugas.

Pembeli: "Mbak, pesen chicken katsu hot ramen-nya dua ya, take home aja!"

UNJ, didengar oleh pembeli lain yang mengerti rasanya kebanyakan tugas kampus. 

Mungkin setelah didinginin di kulkas.

Anak: "Ma, mau ke mana?"
Ibu: "Mama mau yang seger-seger, dek."
Anak: "Ooh, mau apa?"
Ibu: "Steak!"

Jakarta, didengar oleh sekeluarga yang ingin bikin es steak coklat susu.

Gak mau kalah.

Teman #1: "Bang, bakso satu ya, yang anget ya."
Teman #2: "Bang, bakso juga, yang paling anget ya."

Jakarta, didengar teman lain yang ingin bakso paling bulat, sebulat-bulatnya.

Soalnya salah brief...

Penjaga Kos: "Bulan Juli kalau kalian mau pindah, kalian harus bayar 200 ribu ya."
Anak Kos: "Lah bayar apaan, mau pergi kok suruh bayar?"
Penjaga Kos: "Buat cat kamar kalian, revisi kamar..."

Jakarta, didengar oleh anak kos yang merasa selama ini tinggal di kamar yang salah.